Beungeut: Kata Kasar Basa Sunda yang Populer dan Sering Digunakan

Dalam artikel sebelumnya, pernah juga dibahas mengenai kata kasar basa sunda yang populer dan sering digunakan oleh orang Sunda untuk mengejek teman bercandanya.

Artikel ini dibuat semata-mata hanya untuk menambah sedikit wawasan mengenai Basa Sunda yang tidak pantas digunakan ketika berbicara dengan orang lain.

Kata Kasar Basa Sunda dan Artinya

Kata-kata kasar dalam Basa Sunda
Photo by Raphael Schaller on Unsplash

Selain edukasi, artikel ini dimaksudkan untuk hiburan sekaligus jawaban atas pertanyaan dan permintaan bagi yang ingin di update artikelnya.

Berikut kata-kata kasar dalam Basa Sunda yang populer dan sering digunakan untuk mengejek sahabat teredekatnya.

Beungeut

Dalam Basa Sunda, kata halus dari beungeut ini adalah raray. Kemudian dalam Bahasa Indonesia, kata beungeut memiliki arti muka atau wajah. 

Perlu di ingat bahwa, orang Sunda pada dasarnya adalah orang yang teramat sangat ramah dan bersahabat terhadap orang lain.

Orang Sunda hanya akan berkata kasar jika lawan bicaranya adalah orang yang sangat dekat dan biasa menjadi teman bercandanya.

Penggunaan kata beungeut ini jika di contohkan dalam Bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:
  • Muka lo jauh!
  • Itu muka apa keset warteg?
Nah, penggunaan kata beungeut ini cukup bervariasi dan bisa jadi berbeda disetiap daerahnya. Apalagi jika kata tersebut digunakan sebagai ejekan.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata beungeut:

1. Beungeut sia hurung!


Basa Sunda Bahasa Indonesia
Beungeut Muka/wajah
Sia Kamu
Hurung Nyala/terang

Artinya: Muka kamu nyala!

Ini merupakan keadaan dimana wajah kamu merah menyala ketika tersipu malu.

Bisa juga sebagai ejekan untuk make-up nya ketebelan atau mukanya putih tapi leher dan tangannya item. 😂

2. Beungeut tah kaneboan

Tau kan kanebo, yang punya nama asli Plas Chamois? Alat yang biasa digunakan buat ngelap kendaraan atau perabot rumah tangga.

Jadi, arti dari beungeut tah kaneboan adalah "muka tuh kaneboin" atau dengan kata lain lap itu muka pake kanebo.

3. Beungeut sia jiga karung goni

Itu lho yang teksturnya kasar dan terlihat kotor. Biasanya dipakai untuk ngarungin hasil tani seperti ketela pohon, kentang dan sejenisnya.

Arti dari beungeut sia jiga karung goni adalah muka kamu mirip karung goni.

4. Sakuan tah beungeut

Artinya: Sakuin tuh muka.

Kalimat tersebut biasanya digunakan ketika ada orang yang awalnya merasa benar tapi ternyata terbukti salah sehingga ia merasa malu.

Nah, orang-orang seperti itu lah yang kemudian di ledekin dengan menggunakan kalimat, sakuan tah beungeut!

5. Kontrol beungeut teh

Artinya: kontrol itu muka.

Tanpa perlu dijelasin panjang lebar pun, kamu sudah pasti tahu kan maksud dari penggunaan kalimat yang mengejek tersebut?

Ya! tujuannya untuk meledek orang narsis, so paling ganteng dan cantik terutama ketika berfoto padahal nyatanya tidak.

6. Beungeut sia rujit

Rujit itu merupakan kondisi dimana sesuatu itu dirasa menjijikan, mengesalkan dan menjengkelkan. Misalnya seperti:
  • Jalan becek berlumpur.
  • Parit kotor, penuh sampah, limbah dan kotoran.
Intinya, rujit itu adalah hal-hal yang bisa bikin kamu merasa jijik dan kesal.

7. Beungeut sia ramijud

Ramijud adalah suatu kondisi dimana rupa sudah tidak sesuai dengan bentuk aslinya. Udah nggak enak buat dipandang dan nggak ada indah-indahnya sama sekali.

8. Beungeut sia ringsek

Ringsek sedikit lebih baik dari ramijud. Ringsek itu masih memiliki bentuk dan rupa. Jika diibaratkan mobil, sedikit hancur tapi masih bisa dibenerin meskipun sulit.

9. Eta beungeut atawa kelek oray

Kelek dalam Bahasa Indonesia memiliki arti ketek, sedangkan oray artinya ular. Dengan kata lain, kalimat eta beungeut atawa kelek oray memiliki arti:

Itu muka atau ketek ular?

*emang ular punya ketek, ya?

10. Beungeut maneh pikawatireun

Pikawatireun berasal dari kata watir. Basa Sunda halus dari watir ini adalah karunya. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, maka watir itu memiliki arti kasihan.

Sehingga, bisa diartikan bahwa pikawatireun itu jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah patut atau perlu untuk dikasihani.

11. Beungeut sia lada

Lada dalam Bahasa Indonesia memiliki arti pedas. Kalimat ejekan ini mungkin hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu.

Tujuannya untuk meledek temannya yang memiliki ekspresi judes atau mukanya yang emang ngeselin. Biasanya kalimat ini juga digunakan ketika sedang makan.

Contohnya:
 
"Gak usah pakai sambel kalau makan depan kamu. Cukup makan sambil liatin muka kamu aja udah berasa pedasnya."

12. Eta beungeut atawa gorengan?

Kalimat ini biasa dilontarkan kepada teman yang mukanya berminyak. Secara, gorengan kan berminyak banget. Arti dari kalimat diatas adalah itu muka atau gorengan?

Itulah beberapa kata kasar dalam Basa Sunda yang menggunakan kata beungeut. Kata ini memang cukup populer dan seringkali digunakan sebagai bahan candaan ke orang-orang terdekat.

Kalau kamu seringnya denger yang mana?
Tambahkan Komentar