40+ Sindiran Bahasa Sunda Lucu Campur Bahasa Indonesia

Bagi sebagian orang Sunda, sehari tanpa guyon itu seperti nggak minum kopi dalam sehari, berasa ada yang hilang aja gitu dari rantai makanan.

Pasti ada aja yang bisa dibikin candaan oleh orang-orang Sunda, seperti misalnya beberapa kata-kata lucu yang digunakan untuk menyindir orang lain yang terangkum dalam artikel berikut ini.

Kata-kata Sindiran Lucu Basa Sunda

Sindiran Sunda Lucu
Photo by Matheus Ferrero on Unsplash

Tenang, bagi kamu yang nggak begitu mengerti dengan Basa Sunda, artikel ini dilengkapi dengan translate ke dalam Bahasa Indonesia. Canggih, kan? 😄

Kuy! Kita lihat, mana kira-kira yang paling lucu dan goks dari beberapa kata-kata sindiran lucu Basa Sunda campur Bahasa Indonesia di bawah ini:

Punten, kuota maneh moal cukup buat buka foto instagram aing yang berisi semua kegantengan yang tak terbendung inih.

Artinya: Maaf, kuota kamu nggak akan cukup buat buka foto instagram aku yang berisi semua kegantengan yang tak terbendung ini.

Nu acan update status lagi hujan badag, buruan geura update! Bisi kaburu reda hujannya.

Artinya: Yang belum update status lagi hujan gede, buruan update sekarang! Takut keburu reda hujannya.

Kalau maneh terlambat datang terus ditanya kunaon. Bejakeun weh, dimana-mana juga pahlawan mah datangnya belakangan.

Artinya: Kalau kamu terlambat datang terus ditanya kenapa. Kasih tau aja, diman-mana juga pahlawan itu datangnya belakangan.

Cintaku ke kamu moal leungit-leungit meskipun aku udah kawin lagi.

Artinya: Cintaku ke kamu nggak akan hilang-hilang meskipun aku udah kawin lagi.

Hati ini bukanlah sisa sangu yang bisa kamu remehkan begitu saja.

Artinya: Hati ini bukanlah sisa nasi yang bisa kamu remehkan begitu saja.

Kanyaah aku ke kamu teh kaya debt-collector lagi nagih hutang, hayoh we ngingintil.

Artinya: Pedulinya aku ke kamu itu seperti debt-collector lagi nagih hutang, terus aja nempel ngikutin.

Jangan suka ngulinkeun. Da aku teh jelema, lain kaulinan budak.

Artinya: Jangan suka mainin. Aku ini manusia, bukan mainan bocah.

Bray, sing inget hirup mah eweuh nu instan. Kalau mau instan mah ninyuh indomie weh.

Artinya: Bray, harus inget kalau hidup itu nggak ada yang instan. Kalau mau instan nyeduh indomie aja.

Kalau ngomong teh yang bener atuh euy, jangan pabeulit kitu. Bisi di tamasan ku aing pake minyak kalapa.

Artinya: Kalau ngomong tuh yang bener dong, jangan belepotan gitu. Gue basuh juga muka lu pake minyak kelapa.

Meskipun aing orang ga punya, tapi setidaknya aing lagi berusaha. Gak kaya kamu yang hayoh wae minta ka Bapa.

Artinya: Meskipun gue orang gak punya, tapi setidaknya gue lagi berusaha. Gak kaya lu yang terus aja minta ke Bapa.
 
Jangan suka ngomongin batur euy lamun maneh nggak bisa ngelakuin sesuatu yang leuwih alus mah.

Artinya: Jangan suka ngomongin orang kalau kamu nggak bisa ngelakuin sesuatu yang lebih baik.

Jangan polontong kekebutan pake motor kalau belum bisa balap sambil dikunci stang mah.

Artinya: Jangan songong kebut-kebutan pake motor kalau belum bisa balap sambil dikunci stang.

Kalau ada lalaki kerjaannya ngomongkeun batur dari belakang. Punten, kasih tahu besok mah suruh pake kutang sareng rok.

Artinya: Kalau ada lelaki kerjaannya ngomongin orang lain dari belakang. Maaf, kasih tahu besok suruh pakai beha sama rok.

Ai kamu teh jelema apa kalkulator? Meuni gak boleh salah.

Artinya: Kamu tuh manusia apa kalkulator? Sampai nggak boleh salah.

Hirup itu harus banyak senyum, biar keliatannya senang dan bahagia. Meskipun hate mah lagi notog ti tajong boleksek.

Artinya: Hidup itu harus banyak senyum, biar keliatannya senang dan bahagia. Meskipun hati lagi tersungkur jatuh perih terluka.

Aing sabar karena punya hati. Coba kalau aing punya batu, udah dibalangkeun ke beungeut sia!

Artinya: Gue sabar karena punya hati. Coba kalau gue punya batu, udah dibanting ke muka lo!

Jangan suka riweuh ngurusin kehidupan orang lain. Da orang lain juga nggak riweuh mikirin kehidupan kamu.

Arti dari riweuh adalah ribet.

Ulah sok memperpanjang masalah, da lain STNK.

Artinya: Jangan suka memperpanjang masalah, soalnya bukan STNK.

Yang namanya cinta sejati mah ibarat kuntilanak. Banyak yang ngomongin tapi jarang aya nu manggihan.

Arti dari manggihan adalah menemukan atau melihat.

Rezeki itu kaya kumis. Meskipun di kurud, tetep weh jadi deui.

Artinya: Rezeki itu kaya kumis. Meskipun di cukur, tetep aja jadi lagi.

Hirup teh jangan lempeng teuing. Da kamu teh manusia, bukan penggaris.

Artinya: Hidup itu jangan terlalu lurus. Soalnya kamu itu manusia, bukan penggaris.

Ulah sok ngaku lelaki sejati ai can pernah pernah ngarasakeun kumaha rasana kacepet sleting.

Artinya: Jangan suka ngaku lelaki sejati kalau belum pernah merasakan gimana rasanya kejepit sleting.

Can bisa disebut boss beunghar ai masih aya pegawainya yang miskin mah.

Artinya: Belum bsia disebut boss kaya raya kalau masih ada pegawainya yang miskin.

Seberat apapun pekerjaan. Akan terasa ringan lamun henteu di kerjakeun.

Artinya: Seberat apapun pekerjaan. Akan terasa ringan kalau nggak dikerjakan.

Saat ini saya sedang tidak hayang ngomong dan lagi pura-pura hilang ingatan.

Arti dari hayang adalah ingin.

Ai maneh, ngapload foto sakitu lobana tapi beungeutna kitu-kitu keneh. Biar apa?

Artinya: Kamu tuh, nge-upload foto segitu banyaknya tapi mukanya gitu-gitu aja. Biar apa?

Please, jangan ganggu, bisi di talapung.

Arti dari ditalapung adalah ditendang sampai ke awang-awang.

Bahagia itu sederhana, cukup liat mantan tisoledat kanu tikotok aja aku mah udah bahagia lahir dan batin.

Arti dari tisoledat adalah jatuh terpeleset.

Kamu kaya orang mampu aja, padahal pikarunyaeun.

Arti dari pikarunyaeun adalah mengkhawatirkan.

Sabar yah. Rezeki mah pasti ada dan selalu ngikutin, tapi kasusah nyalip ti kenca.

Arti dari kenca adalah kiri.
Sedangkan kanan dalam Basa Sunda adalah katuhu.

Terima jasa service handphone yang sudah wafat, tigeledug dan belajar ngojay.

Arti dari tigeledug adalah jatuh dengan kepalanya yang menyentuh lantai terlebih dahulu. Kemudian ngojay dalam Bahasa Indonesia memiliki arti berenang.

Nini-nini mawa obor. Hari ini jadwalnya molor.

Artinya: Nenek-nenek bawa obor. Hari ini jadwalnya molor (tidur).

Ngomong teh yang bener, bray. Bisi di tamasan ku coca-cola sama aing.

Artinya: Ngomong teh yang bener, bray. Gue basuh juga lama-lama mukanya pake coca-cola.

Itu yang pacaran manggilnya Umi-Abi, nanti pas putus manggilnya Syaiton-Syaitonah.

Nggak perlu di translate juga kamu udah ngerti, kan Bahasa Indonesia 😂

Kehidupan ini teh seperti roda, terus berputar. Tapi nggak tau tah gimana kalau rodanya bocor?

Ini juga udah Bahasa Indonesia, gaes.

Tetap menawan walaupun ulin kaditu-kadieu tanpa pasangan.

Artinya: Tetap menawan walaupun main kesana-kemari tanpa pasangan.

Jomblo kalau malam minggu tetap strong. Stress tak tertolong.

Ngerti dong, ya?

Malam minggu adalah malam dimana yang jomblo bingung mau keluar kemana dan yang berpasangan bingung mau ngeluarin dimana.

Kamu pasti lebih tahu dari kita apa artinya 😂

Kamu mengingatkanku pada uang receh lima ratusan. Bermuka dua dan gak terlalu berharga.

Udah dalam Bahasa Indonesia, nih.

Kenapa mantan-mantan aing teh masih aja pada hidup ya? Padahal dulu bilangnya nggak bisa hidup tanpa urang.

Aing adalah bentuk kata kasar dalam Basa Sunda yang artinya aku. Basa Sunda halus dari kata aing adalah abdi.

Itu orang yang bermuka dua coba sumbangin satu mukanya ke orang yang suka cari muka.

Share ke temen kamu yang bermuka dua ya, biar sadar.

Hiduplah seperti tihang listrik. Santuy, kuat, ditinggikan tapi nggak besar kepala. Tapi giliran ada yang noel, modar kasetrum.

Arti dari:
  • Noel adalah nyolek
  • Modar adalah mati
  • Kasetrum sama dengan kesetrum
Jangan suka mainin hati aing euy, da hati ini teh lain taman lalu lintas.

Artinya: Jangan suka mainin hati gue dong, hati ini bukan taman lalu lintas.

Omongan kamu teh kaya parfum refil. Wangi tapi waduk.

Arti dari waduk adalah bohong (kebohongan).

Aku tanpamu bagaikan nasi kuning tanpa karet. Amburadul.

Amburadul berarti acak-acakan gak karuan.

Kalau ada yang kurang atau mau menambahkan, bahkan bertanya sekalipun. Kasih tahu kita di kolom komentar ya! Jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kamu.
Previous Post Next Post