37 Peristiwa Penting & Bersejarah yang Terjadi Pada 12 November

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah di dunia banyak terjadi di tanggal 12 November ini, termasuk di Indonesia. Apa saja itu?

Catatan Peristiwa Penting dan Bersejarah Pada Tanggal 12 November
Catatan Peristiwa 12 November (Fabien Barral / Unsplash.com)

Untuk mengenangnya, Bete Gak Sih merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 12 November yang dikutip dari The People Story dan juga Wikipedia, berikut diantaranya:

Bulgaria, 12 November 1923

Seorang pria Bulgaria yang ditangkap oleh orang Yunani – Ia kembali ke rumah dan melihat istrinya untuk pertama kali setelah empat tahun.

Sayangnya, dia terlambat pulang dan istrinya sudah menikah lagi dengan pria lain. Istrinya mengira bahwa dia sudah mati karena hilang begitu lama.

Tak lama setelah mengetahui tentang status perkawinan baru mantan istrinya, pria yang baru kembali kembali itu pun kemudian meninggalkan negaranya.

Dia memutuskan yang terbaik adalah membiarkan pasangan baru itu bahagia.

Rusia, 12 November 1927

Josef Stalin mengusir Leon Trotsky – Pada 12 November 1927, seorang revolusioner Rusia bernama Leon Trotsky dikeluarkan oleh Josef Stalin setelah adanya pertentangan ideologi di tubuh Partai Komunis Rusia.

Sebelum Stalin, awalnya Partai Komunis Rusia tersebut berada di bawah kepemimpinan Vladimir Lenin. Pertentangan ideologi antara Trotsky dan Stalin pun terjadi sesusai Lenin meninggal dunia. Keduanya merupakan dua tokoh yang memiliki peran besar dalam partai tersebut.

Trotsky yang kala itu menginginkan adanya revolusi permanen dan intervensi nasional dari Partai Komunis, sedangkan Stalin lebih menganjurkan adanya sosialisme di satu negara dan menekankan pelaksanaan industrialisasi.

Saat itu Partai Komunis Rusia telah menjelma menjadi Komintern (Komunis Internasional).

China, 12 November 1931

Boikot China terhadap Jepang – Permusuhan di Manchuria, berikut boikot Cina atas barang-barang Jepang, terbukti baik bagi Inggris. Akibatnya, tingkat pengangguran Inggris pun turun.

Alasan lebih banyak orang Inggris dipekerjakan kembali saat itu adalah karena meningkatnya permintaan tekstil Lancashire.

Peningkatan barang-barang Inggris ini mungkin tidak akan pernah terjadi jika pemboikotan yang dilakukan oleh China terhadap barang dagangan Jepang tidak terjadi.

Filipina, 12 November 1944

Pertempuran panjang di Filipina terus berlanjut – Rupanya, dalam beberapa hari orang Amerika telah mendapatkan kembali kepercayaan diri mereka.

Mereka baru saja menghancurkan seluruh konvoi Jepang yang terdiri dari enam kapal perusak dan empat kapal angkut. Namun, pertempuran di Leyte, Filipina belum berakhir.

Perang Dunia II, 12 November 1944

Tentang kapal perang Jerman, Tirpitz – Setelah banyak upaya selama 2 tahun untuk menenggelamkan Tirpitz, akhirnya 32 pembom Lancaster Inggris menyerang dan menenggelamkan kapal perang Jerman yang perkasa, Tirpitz.

Indonesia, 12 November 1945

Jenderal Soedirman – Pada tanggal 12 November 1945, Jenderal Besar Soedirman terpilih sebagai panglima pertama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Beliau menghabiskan masa jabatan sebagai panglima tentara di bawah pimpinan Presiden Soekarno selama lima tahun.

Beliau pernah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian pasukan tersebut dijadikan bagian dari Divisi V oleh panglima sementara Oerip Soemohardjo. Jenderal Soedirman bertanggung jawab atas bagian tersebut.

Jenderal Soedirman sendiri sebelumnya sudah lebih dulu bergabung dengan tentara Pembela Tana Air (PETA) pada tahun 1944. Di PETA, beliau dipercaya menjabat sebagai komandan batalion daerah Banyumas.

Amerika Serikat, 12 November 1946

Pelopor perbankan – Lahirnya The Exchange National Bank of Chicago, Illinois, sebagai lembaga yang pertama kali dan pelopor dalam layanan perbankan di Amerika.

Jepang, 12 November 1953

Pegeboman Nagasaki – Persitiwa bersejarah ini terjadi pada Perang Dunia II.

Amerika Serikat, 12 November 1954

Pulau Ellis di New York ditutup – Setelah menyediakan pintu gerbang bagi 12 juta imigran dari tahun 1892 - 1924. Dari tahun 1924 hingga 1954 sebagian besar digunakan sebagai pusat penahanan dan deportasi bagi imigran gelap.

Amerika Serikat, 12 November 1955

Chuck Berry – populer dengan hits seperti "Johnny B. Goode" dan "Roll Over Beethoven" - berdasarkan jajak pendapat Billboard, ia disebut sebagai artis R&B paling menjanjikan pada tahun tersebut. Dia membuktikan bahwa lembaga survei benar-benar sukses besar di lebih dari satu genre musik.

Jepang, 12 November 1963

2 Bencana dalam 6 jam – Perwakilan politik sayap kiri menyalahkan pemerintah konservatif Jepang atas bencana tambang dan rel yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Partai Sosialis, Sosialis Demokratik, dan Komunis memutuskan untuk melakukan penyelidikan sendiri atas dua tragedi yang terjadi dalam waktu enam jam.

Bencana ranjau terjadi di Omuta, di Pulau Kyushu Selatan, dan penumpukan kereta terjadi di Yokohama.

Amerika Serikat, 12 November 1970

Paus yang meledak – Divisi Jalan Raya Oregon berusaha untuk menghancurkan ikan paus sperma seberat delapan ton yang membusuk di dekat Florence, Oregon dengan setengah ton dinamit, yang mengarah pada insiden ledakan paus yang terkenal.

Ledakan itu menyebabkan potongan besar lemak terlempak jauh dari pantai namun ikan paus tersebut sebagian besarnya masih dalam keadaan utuh.

Kanada, 12 November 1972

Perusahaan minyak – Anggota pemerintah Kanada setempat saat itu tengah mendiskusikan kemungkinan pembentukan perusahaan minyak nasional.

Saat itu, keputusan tersebut diharapkan dapat dibuat dalam waktu satu bulan.

Amerika Serikat, 12 November 1972

Nilai Dolar – Saat itu, Dolar dihargai pada rekor tertinggi. Di pasar Eropa, nilai Dollar waktu itu sama dengan sekitar 2,61 mark Jerman.

Amerika Serikat, 12 November 1979

Sandera Kedubes A.S. – Menyusul penyanderaan 66 orang Amerika di Kedutaan Besar AS di Teheran pada 4 November, Presiden Jimmy Carter melarang impor minyak dari Iran.

Luar Angkasa, 12 November 1980

Pesawat luar angkasa Voyager 1 – Saat itu telah mencapai Saturnus dan mengirimkan kembali gambar-gambar termasuk planet dan awan kuning serta oranye yang mengelilingi planet dengan kecepatan beberapa ratus mil per jam.

Polandia, 12 November 1982

Lech Walesa – Dibebaskannya pemimpin gerakan Solidaritas setelah 11 bulan ditahan.

Inggris, 12 November 1984

Uang kertas pound Inggris – Saat itu, pada bulan April koin satu pound yang menggantikan uang kertas Pound diperkenalkan.

Amerika Serikat, 12 November 1985

Intelijen – Pemerintah Amerika Serikat memperkenalkan rencana untuk program intelijen Soviet yang baru.

Jepang, 12 November 1990

Kaisar Jepang – Putra Mahkota Akihito, dimahkotai sebagai Kaisar Jepang ke-125, dua tahun setelah kematian ayahnya.

Swiss, 12 November 1990

World Wide Web – Sir Tim Berners-Lee dengan bantuan Robert Cailliau menerbitkan proposal resmi untuk World Wide Web pada hari ini dalam Sejarah.

Indonesia, 12 November 1991

Insiden Dili – Pada tanggal 12 November 1991 terjadi Insiden Dili atau yang dikenal dengan pembantaian Santa Cruz. Insiden ini merupakan penembakan terhadap demonstran di Timor Timur yang menawaskan lebih dari 250 orang.

Saat itu, para pemuda dan mahasiswa menggelar aksi protes terhadap Pemerintah Indonesia terkait tewasnya Sebastiao Gomes yang dikabarkan ditembak oleh tentara.

Gomes merupakan aktivis pro-kemerdekaan Timor Timur yang memprotes pembatalan kedatangan anggota Parlemen Portugal. Protes terkait tewasnya Sebastiao Gomes dilaksanakan di tempat pemakaman Gomes. 

Para demonstran kemudian dikabarkan ditembaki oleh pasukan Indonesia saat proses pemakaman Gomes. Berdasarkan catatan, ada lebih dari 271 orang tewas dalam peristiwa tersebut, 382 terluka, dan 250 orang hilang.

Jerman, 12 November 1995

Bill Clinton – yang merupakan presiden Amerika Serikat kala itu, mengumumkan bahwa tentara AS yang ditempatkan di Jerman akan ditugaskan untuk tugas menjaga perdamaian Bosnia.

India, 12 November 1996

Tabrakan pesawat di udara – Kecelakaan yang terjadi antara Saudi Arabian Airlines Penerbangan 763 (Boeing 747-168B) dan Air Kazakhstan Flight 1907 (Ilyushin Il-76) di atas desa Charkhi Dadri, Haryana, India mengakibatkan kematian semua penumpang dan awak pada kedua penerbangan.

Kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 349 orang ini menjadikannya sebagai tabrakan di udara paling mematikan dalam sejarah.

Turki, 12 November 1999

Gempa bumi besar kedua melanda Turki – Berselang 3 bulan setelah gempa 17 Agustus yang menyebabkan sekitar 17.000 orang tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Turki telah mengeluarkan seruan internasional untuk tenda musim dingin guna menampung puluhan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa bumi tersebut.

Amerika Serikat, 12 November 1999

Pelonggaran peraturan keuangan – Presiden Bill Clinton menandatangani RUU reformasi jasa keuangan yang memungkinkan bank, perusahaan investasi dan perusahaan asuransi untuk menjual produk satu sama lain.

Amerika Serikat, 12 November 2001

American Airlines Penerbangan 587 (Airbus A300) – Dlam rute penerbangannya ke Republik Dominika, pesawat tersebut jatuh tak lama setelah lepas landas ke daerah pemukiman Belle Harbor di Queens dan menewaskan 260 penumpang pesawat dan 5 orang di darat.

Mesir, 12 November 2002

Osama Bin Laden – Tersiar kabar bahwa pemimpin teroris al-Qaida Osama Bin Laden muncul dalam sebuah rekaman. Kala itu, berbagai upaya dilakukan untuk membuktikan keaslian dari rekaman tersebut.

Jika rekaman itu terbukti "benar", maka itu akan menjadi bukti terbesar dan paling dekat yang bisa mengungkap skema Bin Laden hingga saat ini yang disebut oleh AS sebagai salah satu tersangka utama World Trade Center dan pemboman pemerintah yang terjadi pada 11 September 2001.

Amerika Serikat, 12 November 2004

Scott Peterson – Seorang juri di Redwood City, California, menghukum Scott Peterson karena membunuh istrinya yang sedang hamil, Laci, dan membuang tubuhnya di Teluk San Francisco. Pada 16 Maret 2005, Peterson dijatuhi hukuman mati.

Seluruh Dunia, 12 November 2006

Protokol 2003 tentang Sisa-sisa Perang yang Bisa Meledak – Ini adalah sebuah perjanjian internasional yang ditandatangani pada tahun 2003 yang bertujuan untuk membatasi dampak bom cluster dan perangkat lain yang tidak meledak pada penduduk sipil ketika konflik berakhir. Protokol ini mulai berlaku pada 12 November 2006.

Rusia dan India, 12 November 2007

Kesepakatan produksi pesawat militer – Rusia dan India akan bersama-sama mengembangkan pesawat angkut militer baru berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh Perdana Menteri India Manmohan selama kunjungannya ke Moskow.

Setelah pembicaraan di Kremlin antara Singh dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kedua belah pihak juga menandatangani kesepakatan tentang utang India ke Moskow.

Irak, 12 November 2008

Hari ke-3 bom di Baghdad – Sedikitnya 21 satu orang tewas, dan lebih dari 85 lainnya luka-luka dalam bom di Baghdad. Serangan paling serius mengakibatkan sekitar 12 orang tewas dan 60 lainnya luka-luka ketika bom mobil dan pinggir jalan diledakkan secara bersamaan.

Nepal, 12 November 2009

Protes di Kathmandu – Ribuan pengunjuk rasa dari Partai Komunis Nepal memblokir pintu masuk ke Singha Durbar, yang merupakan kursi resmi pemerintah Nepal, sebagai bagian dari pemulihan 2 hari yang mereka sebut "supremasi sipil".

Mereka memblokir delapan titik akses ke sekretariat utama pemerintah, dan dipimpin oleh ketua Maois dan mantan Perdana Menteri Pushpa Kamal Dahal 'Prachanda', Mohan Vaidya 'Kiran' dan Baburam Bhattarai.

Ibukota Nepal itu sangat terganggu oleh Maois, yang meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintah dan memblokir semua jalan yang menuju ke Singha Durbar.

Venezuela, 12 November 2011

Pemain Baseball Liga Utama Wilson Ramos diculik di Venezuela – Dikabarkan ia telah diculik oleh orang-orang bersenjata, tetapi ditemukan hidup-hidup segera setelah peristiwa itu terjadi oleh pasukan keamanan.

Kala itu, Ramos bermain sebagai penangkap untuk Washington Nationals dan mengunjungi ibunya di Valencia, Venezuela.

Italia, 12 November 2011

PM Italia, Silvio Berlusconi – Secara resmi ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Italia setelah menghabiskan tujuh belas tahun di garis depan politik Italia.

Berlusconi, yang tidak populer di kalangan pemilih selama bertahun-tahun sebelum pengunduran dirinya karena skandal dan korupsi, akhirnya mengundurkan diri karena kehilangan mayoritasnya selama krisis keuangan.

Kenya, 12 November 2012

Polisi diserang – Para pejabat percaya setidaknya 42 petugas polisi tewas tetapi mungkin ada lebih banyak lagi yang tewas dalam serangan di Samburu, Kenya setelah pencuri ternak menyergap mereka.

Amerika Serikat, 12 November 2013

New World Trade Center tertinggi – One World Trade Center yang baru dibangun di New York City adalah gedung tertinggi di Amerika Serikat setelah Komite Ketinggian memutuskan bahwa jarum setinggi 408 kaki di bagian atas menara dihitung terhadap ketinggian.

Bangunan yang sebelumnya menempati tempat itu adalah Menara Willis di Chicago.

Baca Juga

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post