Kumpulan Qoutes dan Pantun Basa Sunda Lucu

Bagi kamu yang sering mantengin timeline di twitter, pasti sudah nggak asing lagi dengan hashtag #ReboNyunda.

Jika dilihat, kamu akan menjumpai banyak sekali tweet yang menggunakan Basa Sunda. Baik itu tweet yang isinya lucu-lucuan atau candaan berupa tulisan atau gambar.

Bahkan, bukan hanya di twitter saja kamu bisa menjumpai guyonan lucu orang Sunda. Selain di social media, di kehidupan sehari-hari pun banyak ditemui hal-hal lucu dari orang Sunda.

Terutama dari kata-kata, nasihat, motivasi, sindiran hingga pantun yang banyak dijadikan quotes lucu seperti yang terangkum dalam artikel berikut ini.

Kumpulan Quotes Lucu Basa Sunda

Quotes dan pantun lucu Basa Sunda
Photo by Eliott Reyna on Unsplash

Terkadang di dalam perjalanan yang mulus kita sering tijalikeuh, tapi kita tetap harus maju dan berlari sanajan bari ingked-ingkedan.

Arti dari sanajan bari ingked-ingkedan: meskipun sambil terpincang-pincang atau ngesot

Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga coklat.

Artinya: Terkadang kalau cinta udah melekat, eek kucing pun terasa nikmat bagaikan coklat.

Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy di inget inget nepi ka poho.

Artinya: Kenangan indah saat bersama dengan mu akan terus di ingat-ingat sampai lupa.

Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

Jangan melempeum, tetep semangat! Inget cicilan.

Artinya: Jangan cepat menyerah, tetap semangat! Ingat cicilan.

Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.

Artinya: Teman adalah dia yang suka minjemin uang namun gak pernah mau dibayar.

Punya masalah itu harus sabar, dan sabar itu sesungguhnya ripuh.

Artinya: Ripuh adalah kondisi dimana kita udah merasa gak mampu; tapi mau gak mau harus terus dilakukan karena suatu tuntutan atau kewajiban.

Mulai sekarang, aku mau nambulan semen biar setrong.

Artinya: Mulai sekarang, aku mau ngemil semen biar strong.

Mun aya jelema anu nyarekan atawa anu ngomongkeun maneh, komo deui ngomongkeun ditukangeun. Teu kudu dibales! Cukup ngaharewos ka manehna, "Sia geus bosen hirup?"

Artinya: Kalau ada orang yang marahin kamu, atau ada orang yang suka ngomongin kamu, apalagi dari belakang. Nggak usah dibales! Cukup bisikin aja ke telinga dia dan bilang, "kamu sudah bosan hidup?"

Mun aya lalaki pagaweana ngomongkeun batur ditukangeuna, pang wartoskeun enjing deui mah pami kaluar piwarang ngangge kutang sareng rok, atanapi daster.

Artinya: Kalau ada cowok yang kerjaannya ngomongin orang dari belakang, tolong bilangin sama dia, besok-besok kalau keluar rumah suruh pake BH sama rok, atau daster.

Hirup mah pilihan, tapi lamun jomblo mah uyuhan.

Arti kata:
Hirup artinya hidup, sedangkan uyuhan memiliki makna (yang terkesan) menjijikan

Mending lila ngajomblo tuluy kawin. Daripada lila bobogohan, tapi dikawin ku batur.

Artinya: Lebih baik lama ngejomblonya terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi di nikahin orang lain.

Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.

Artinya: Gue jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.

Bobogohan sama kamu mah bikin hate dan dompet aing tambah rujad.

Artinya: Pacaran sama kamu bikin hati dan dompet gue makin hancur.

Urang lain sieun ku pamajikan. Tapi urang sieun teu dibere, nanti aingnya bete.

Artinya: Gue bukanya takut sama istri. Tapi gue takut gak dikasih jatah, nanti gue nya bete.

Tadina ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we.

Artinya: Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka aja.

Moal mandi, tuh lauk oge tiap poe mandi malah hanyir.

Artinya: Gak akan mandi, noh ikan juga tiap hari mandi malah anyir.

Mun aya nu neangan urang, bejakeun : teangan we urang di google.

Artinya: Kalo ada yang nyariin gue, kasih tau : cari aja gue di google.

Cinta nu tulus bersih lir ibarat kaen sutra nu anyar di keueuman tujuh poe tujuh peuting. Sanajan ceuk batur bau, tapi ceuk nu resep mah, nu penting bersih tur enak ka tempona.

Artinya: Cinta yang tulus bersih itu ibarat kain sutra yang baru di rendem tujuh hari tujuh malam. Meskipun kata orang lain bau, tapi justru kata orang yang suka, yang penting bersih dan enak buat diliat.

Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri handayani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.

Sebenarnya ini bisa saja di artikan ke dalam Bahasa Indonesia, tapi bagian tut wuri handayani nya nggak akan pas dengan maksudnya.

Urang Amerika mah lamun hitut teh ngobrol, "Excuse me"
Urang Inggris lamun hitut teh ngobrol, "Pardon me"
Mun urang Singapore, ngobrol, "Im sorry"
Tapi ari urang Indonesia mah ngobrolna teh, "Lain abi!! Lain abi!!"

Artinya:
Orang Amerika kalo kentut bilang, "excuse me"
Orang Inggris kalo kentut bilang, "pardon me"
Kalo orang Singapore mah bilang, "Im sorry"
Tapi kalo orang Indonesia yang kentut, bilangnya, Bukan saya! Bukan saya!

Tips jeung cara supados tetep awet ngora, nyaeta:
1. Loba nginum cai kalapa ngora.
2. Nginum jamu awet ngora.
3. Tuang daun ngora.
4. Gaduh istri ngora.

Artinya:
Tips dan cara agar tetap awet muda, yaitu:
1. Banyak minum air kelapa muda.
2. Minum jamu awet muda.
3. Makan (lalapan) daun muda.
4. Punya istri muda.

Tips neangan pamajikan:
Hayang pinter?
Teangan pamajikan guru.

Hayang sehat?
Teangan pamajikan dokter.

Hayang beunghar?
Teangan pamajikan pengusaha.

Hayang soleh?
Teangan pamajikan ustadzah.

Hayang gendut?
Teangan pamajikan koki.

Hayang salamet?
Teangan pamajikan polwan.

Hayang modar?
Teangan pamajikan batur!

Artinya:
Tips nyari istri :

Pengen pinter?
Cari istri guru.

Pengen sehat?
Cari istri dokter.

Pengen kaya?
Cari istri pengusaha.

Pengen soleh?
Cari istri ustadzah.

Pengen gendut?
Cari istri koki.

Pengen selamat?
Cari istri polwan.

Pengen mati?
Cari istri orang!

Pas ningali bayi, abdi inget "Teddy Bear Doll".
Pas abdi ningali budak alit, abdi janteun inget "Barbie Doll".
Pas abdi ningali kamu, ehh inget na "Panadol"

Artinya:
Pas liat bayi, gue inget "Teddy Bear Doll"
Pas gue liat anak kecil, gue jadi inget sama "Barbie Doll"
Pas gue liat elu, eh ingetnya "Panadol"

Abdi mah jalmi alim
Alim disebut goreng patut
Alim tuang sareng kurupuk hungkul
Alim teu disuguhan mun nganjang
Alim sangsara kawas maneh
Alim goreng patut kawas maneh

Kalo diartiin, gak dapet lagi lucunya dimana bray. Sorry ya!

Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru, "kunaon ai maneh kabeurangan?"
Bejakeun weh, "lalakon mah datangna pandeuri."

Artinya:
Kalo berangkat sekolah kesiangan terus ditanya sama guru, "kenapa datang kesiangan?"
Bilang aja, "dimana-mana jagoan mah datangnya belakangan."

Anu disebut jawara teh nyaeta anu pernah ngasaan dicabok ku pamajikan.

Artinya:
Yang disebut jagoan itu adalah dia yang pernah ngerasain gimana rasanya digampar sama istri.

Mun aya nanaon di bandung, bejakeun weh minantuna kang bahar kituh!

Artinya:
Kalo ada apa-apa di Bandung, bilang aja kalo lo itu menantunya Kang Bahar!

Rata-rata, kata nu awalana make NG... pasti ngeunah.
Contona : Ngopi, Ngorong, Ngalamun, Ngimpi endah, jeung sajabana.

Artinya:
Rata-rata, kata yang awalanya pake NG.. pasti enak.
Contohnya : Ngopi, Ngupil, Ngelamun, Ngimpi Indah, dll.

Kumpulan Pantun Lucu Basa Sunda

Aya listrik di masigit, caangna kamana mana
Aya istri jangkung alit, hanyakal geuning waria

Daun hiris dibeungkeutan, dibawa ka juru leuiit
Anu geulis ngadeukeutan hayangeun dibere duit

Pedah kuring kuralang kuriling
Ucing ge’ring ngahariring
Tengah peuting jemplang jempling
Kuring nyaring hayang ngising

Ku pedah urang babaturan sajati
Manéh gumbira kuring gumbira
Manéh hanjelu kuring milu hanjelu
Manéh seuri kuring seuri
Manéh ceurik kuring ogé ceurik
Manéh tikecebur kana got kuring seuseurian nepika ticeurik-ceurik

Ka Jampang mawa pakarang
Ajang pe’rang makalangan
Ka akang naha sale’mpang
Akang sayang ngan ka yayang

Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok
Tai cakcak ninggang huntu, laun-laun nya dilebok

Colenak enak dicocol, komo mun tambah kalapa
Beletak pitak ditakol, poho mun sirah mitoha, hampura abah teu dihaja !

Tai ucing di sangray.
Pararusing bray.

Itulah kumpulan quotes dan kata-kata serta pantun lucu yang menggunakan Basa Sunda. Jangan lupa share dan kasih tau ke teman-teman kamu kalau suka dengan artikel ini.

Jika kamu punya quotes dan kata-kata Basa Sunda yang lebih lucu dari ini, kasih tahu kita di kolom komentar ya.
Previous Post Next Post