Siklus Mahasiswa. Dimana Kamu Saat Ini?

Kamu baru masuk kuliah ditahun pertama ini?

Gimana ospeknya?
Seru dan berkesan?
Atau justru malah melelahkan sekaligus membosankan?

Untuk pertama kalinya mungkin akan terasa biasa saja karena memang hanya peralihan dari yang tadinya anak SMA menjadi anak kuliah atau mahasiswa.
=
Meski begitu, beban dan tanggung jawab yang kamu pikul menjadi semakin bertambah yang nantinya akan kamu rasakan sendiri di beberapa semester atau tahun berikutnya setelah kamu menjadi mahasiswa.

Mahasiswa Baru dari Tahun ke Tahun

Anak kuliah - Mahasiswa baru
Photo by Honey Yanibel Minaya Cruz on Unsplash

Nah buat kamu yang mau tahu tentang bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswa, mungkin pengalaman berikut ini bisa sedikit memberi kamu gambaran mengenai siklus mahasiswa, dari semester awal hingga akhir.

1. Tahun pertama, semester I-II

Umumnya, untuk tahun pertama di bangku kuliah yaitu antara semester I sampai dengan semester II ini mungkin akan terasa biasa saja bagi sebagian mahasiswa.

Karena memang untuk tahun pertama ini, mahasiswa baru masih merasakan layaknya seperti masa-masa sekolah sebelumnya.

Bisa juga dibilang kalau tahun pertama kuliah ini merupakan masa-masa perkenalan sekaligus penyesuaian diri terhadap lingkungan dan kegiatan yang terdapat didalam kampus.

Entah itu mengenali dan menyesuaikan diri dengan hal-hal akademis seperti, dosen pengajar, mata kuliah, dsb., ataupun non-akademis seperti, mengenali teman-teman baru beserta perbedaan dan latar belakangnya.

Tak jarang pula jika ditahun pertama ini seringkali mereka selalu hang out bersama-sama, liburan bersama-sama, dll.

Ya! mahasiswa di tahun pertama ini masih tampak sekali kekompakanya. Di tahun pertama kuliah ini pula biasanya mulai bermunculan rasa saling suka antara teman satu angkatan.

2. Tahun Kedua, Semester III-IV

Ditahun kedua ini, umumnya para mahasiswa sudah mulai menikmati masa-masa kuliahnya. Mereka sudah terbiasa dengan suasana dan kegiatan yang ada di kampus.

Mereka juga akan semakin mengenal dan familiar dengan sejumlah mahasiswa lainya meskipun berbeda bidang studinya.

Pada semester III-IV ini pun biasanya beberapa mahasiswa mulai memiliki kelompoknya masing-masing layaknya masa-masa SMA dulu.

Meskipun hal ini biasanya sudah tampak pada tahun pertama, namun pada tahun kedua ini akan tampak sekali perbedaanya. Banyak faktor yang mempengaruhi adanya pengelompokan mahasiswa itu sendiri.

Kemudian pada tahun kedua dan seterusnya, terdapat beberapa mahasiswa yang "ketinggalan" mata kuliah. Sehingga jadwal kuliahnya pun akan berbeda, atau bahkan akan jarang bertemu dalam satu kelas yang sama.

Jika pada semester I-II mata kuliahnya masih merupakan mata kuliah yang umum, dan mungkin di beberapa bidang studi hanya mengulang kembali pelajaran semasa sekolah dulu.

Maka ditahun kedua ini, yaitu semester III-IV, mata kuliah yang diberikan mulai disesuaikan dengan bidang studinya masing-masing, tepatnya lebih terfokus pada bidang studinya.

Tahun ketiga, semester V-VI

Seiring berjalanya waktu, ditahun ketiga ini mahasiswa semakin sibuk dengan tugas-tugas kuliah yang diberikan. Mata kuliah yang diberikan pun akan semakin "dalam" lagi.

Saking "dalam" nya mata kuliah yang diberikan, beberapa mahasiswa bahkan mulai memperdalam lagi mata kuliah yang terdapat pada semester sebelumnya 😁

Ditahun ketiga ini pula, hal-hal yang biasa dilakukan pada saat semester I-IV semakin berkurang intensitasnya.

Sebagian mahasiswa lebih memilih fokus ditahun ini, dan sebagian mahasiswa lainya malah mulai bermalas-malasan karena sudah merasa bosan.

Tahun keempat, semester VII-VIII

Tahun keempat yang (seharusnya) merupakan tahun terakhir mahasiswa kuliah. Mereka dihadapkan dengan tugas akhir sebagai salah satu syarat kelulusan yaitu, tugas akhir atau skripsi.

Salah satu dari sekian banyak studi mahasiswa yang terkadang gampang banget bikin galau, resah, gelisah, dan gundah gulana.

Karena rasa yang didapatkannya akan berbeda bagi tiap-tiap mahasiswa di semester akhir ini, jadi kamu rasain aja sendiri nanti ya😁

Bagi kamu yang ingin membagikan sedikit pengalamannya selama kuliah buat adek-adeknya yang lagi galau mau kuliah atau nggak, silakan tambahkan di kolom komentar, ya! 
Baca Juga

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post