Coba Tes Psikolgi Ini Untuk Mengetahui Kepribadian Kamu

"Kenalilah dirimu" adalah salah satu pepatah yang paling populer dan pasti pernah kamu dengar, iya kan? Bahkan, Socrates pun menjadikannya sebagai pokok dari filsafatnya.

Manusia hendaknya mengenal diri dengan dirinya sendiri. Jangan membahas yang diluar diri, hanya kembali lah kepada diri. Manusia selama ini mencari pengetahuan diluar diri.

Kadang, dicarinya pengetahuan itu didalam bumi.
Kadang, dicarinya di atas langit.
Kadang, dicarinya di dalam air.
Kadang, dicarinya di udara.

Alangkah baiknya kalau kita mencari pengetahuan itu pada diri sendiri.

Dia memang tidak mengetahui dirinya.

Maka seharusnya dirinya itulah yang lebih dahulu dipelajarinya.

Nanti, kalau dia telah selesai dari mempelajari dirinya, barulah dia berkisar mempelajari yang lain. Dan dia tidak akan selesai selama-lamanya dari mempelajari dirinya.

Karena pada dirinya itu akan didapatnya segala sesuatu. Dalam dirinya itu tersimpul alam yang luas ini.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali diri kamu sendiri. Salah satu caranya yaitu dengan mencoba mengikuti tes psikologi untuk mengetahui kepribadian kamu disini. Metode tes yang digunakan pun cukup mudah.

Caranya, kamu hanya perlu mengurutkan sejumlah skala tertentu terkait suatu kondisi emosi dimana kamu menangis yang dikaitkan dengan sejumlah keadaan tertentu. Kemudian, hasil tersebut nantinya akan dicocokan dengan beberapa jawaban yang ada sesuai dengan skala nya masing-masing.

Kenapa tes ini mengambil data dari apa yang paling bisa membuat kamu menangis? Karena menurut survei yang dilakukan, "menangis merupakan satu sifat manusia yang terdalam yang melibatkan emosi yang sesungguhnya."

Tes Psikologi Kepribadian

Tes psikologi kepribadian
Photo by Larm Rmah on Unsplash

Dalam tes ini, tidak ada jawaban yang benar ataupun salah. Jadi, usahakan untuk jujur dalam memilih urutan yang paling sesuai dengan kamu, ya. Sebelum memulai tes psikologi kepribadian ini, pastikan kamu mengikut langkah-langkah dibawah ini:

1. Memilih urutan yang paling sesuai dengan kamu

Urutkan kondisi emosi berikut ini dimulai dari kondisi emosi yang paling bisa membuat kamu menangis hingga kondisi emosi yang sulit untuk membuat kamu menangis.

Urutanya di mulai dari:
  • Angka 1: yang paling bisa membuat kamu menangis, hingga
  • Angka 5: yang paling susah membuat kamu menangis.
Kondisi emosi yang harus kamu urutkan:

A. Marah
B. Terharu
C. Sakit hati
D. Kurang enak badan
E. Khawatir/gugup

Contoh urutannya seperti ini:
  1. Marah (A)
  2. Sakit hati (C)
  3. Terharu (B)
  4. Khawatir/gugup (E)
  5. Kurang enak badan/sakit (D)
Nah, sekarang giliran kamu untuk mengurutkan kondisi emosi tersebut. Ingat ya, tambahkan angka 1-5 untuk mengurutkan kondisinya sesuai dengan hal yang paling bisa bikin kamu menangis hingga yang paling susah bikin kamu menangis.

2. Hasil tes psikologi kepribadian

Untuk mengetahui hasil dari tes yang telah dilakukan, kamu hanya perlu mencocokan urutan dibawah ini dengan urutan yang sudah kamu buat sebelumnya dimulai dari nomor dan juga kondisinya.

Kondisi A - Marah

Pilih nomor sesuai dengan hasil urutan kamu sebelumnya.
Hal yang paling kamu harapkan darinya:
  1. Bisa bercanda ria dengan kamu. Mengerti akan apa yang kamu inginkan.
  2. Tidak mudah emosian. Mengerti bagaimana cara mentolerir kamu.
  3. Mempunyai kepribadian yang lucu. Kamu tidak akan bisa menebak surprise apa yang akan dilakukannya selanjutnya.
  4. Sangat detail. Dia selalu bisa mempersiapkan apa yang kamu perlukan.
  5. Kecerdasan adalah hal yang terpenting. Berkata rasional dan bisa memperhatikan kamu.

Kondisi B - Terharu

Pilih nomor sesuai dengan hasil urutan kamu sebelumnya.
Orang yang belum kenal dekat dengan kamu akan merasa bahwa kamu adalah:
  1. Sosok yang misterius. Tidak mudah didekati.
  2. Sangat perhatian pada orang lain. Sangat mengerti apakah orang yang disekitarmu bahagia atau tidak.
  3. Kamu adalah orang yang polos, dan konyol. Kamu aakan melakukan apa yang ingin kamu lakukan. Dan kamu orang yang imut.
  4. Tidak memerlukan orang lain untuk mengkhawatirkanmu.
  5. Sangat cerdas dan punya rasa tanggung jawab. Mempunyai rasa hormat yang tinggi.

Kondisi C - Sakit Hati

Pilih nomor sesuai dengan hasil urutan kamu sebelumnya.
Orang yang kenal dekat dengan kamu akan merasa bahwa kamu adalah orang yang:
  1. Mempunyai standar yang tinggi dalam berbagai masalah dan terkadang keras kepala.
  2. Kamu bisa berbicara logika dengannya. Kamu sangat mengerti perbedaan yang sangat baik dengan yang tidak.
  3. Orang yang mempunyai pemikiran yang baik. Kamu tidak akan menampakkan rasa sakit hatinya walau orang-orang melihatnya dengan sangat jelas.
  4. Selalu berpikir dahulu sebelum mengambil setiap keputusan. Kamu adalah orang yang mempunyai harga diri tinggi.
  5. Kelihatan lemah diluar, tetapi kamu mempunyai hati yang kuat dan tegar didalam.

Kondisi D - Kurang Enak Badan / Sakit

Pilih nomor sesuai dengan hasil urutan kamu sebelumnya.
Kamu ingin orang lain merasa bahwa kamu adalah orang yang:
  1. Butuh perlindungan dari orang lain.
  2. Bukan orang yang mudah didekati.
  3. Sangat peduli terhadap orang lain, dan tidak takut berkorban.
  4. Sangat pintar akan tetapi tidak sombong.
  5. Mengerti sekali apa yang diinginkan oleh diri sendiri.

Kondisi E - Khawatir

Pilih nomor sesuai dengan hasil urutan kamu sebelumnya.
Sebenarnya, kamu adalah orang yang:
  1. Sangat takut orang lain bisa melihatmu dengan jelas. Kamu membenci kepribadianmu sendiri.
  2. Orang yang sangat kesepian, ketika saat berkumpul dengan orang banyak, kamu sering tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dikatakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  3. Merasa teman adalah yang terpenting. Kamu sangat menyayangi teman yang ada disekitarmu. Tetapi ingat, berani menyayangi berarti kamu suatu saat nanti berani membencinya juga.
  4. Orang yang to the point. Kamu berharap ada yang selalu bisa mengerti kamu. Terutama orang yang kamu sukai.
  5. Tidak mengerti apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri. Tidak memiliki standar yang jelas terhadap berbagai macam hal. Yang terpenting adalah melewati hari dengan bergembira.

Gimana hasilnya menurut kamu? Sesuai atau tidak? Kasih tahu kita di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk share tes psikologi kepribadian ini ke teman-teman kamu biar mereka juga bisa ikut tahu kepribadiannya seperti apa.
Baca Juga

14 Comments

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

  1. Selain spoiler A kenapa gak bisa dibuka ya gan ?

    ReplyDelete
  2. ya cocok juga ya, tapi ini ngasal kan??bikin kaya giniannya? :D
    gue mah paling nangis kalo terharu aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jangan asal atuh bray kalo hasilnya pengen maksimal mah.
      urutin sejujurnya aja,

      Delete
  3. Ijin copas ke word :p

    ReplyDelete
  4. awkakwakw udah ane coba nih, mantap caranya

    ReplyDelete
  5. Mantap nih, izin bookmark gan

    ReplyDelete
  6. mantaf bnget artikelnya gan. lanjutkan :D

    ReplyDelete
  7. hasilnya anna normal gan

    ReplyDelete
  8. mantap.. bikin kepala mudeng. hehe

    ReplyDelete
  9. info yang bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  10. wah keren gan, akurat bnget.
    kok bisa ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Previous Post Next Post