10 Mitos Unik yang Dipercaya Banyak Orang

Entah terlalu banyak makan atau nonton, masih aja ada segelintir orang yang percaya sama sejumlah mitos yang padahal jika dilakukan pun tidak menimbulkan efek samping, apalagi sarung.

Mitos
Photo by Anthony Tran on Unsplash

Kamu tau apa saja itu?
Berikut sejumlah mitos yang masih dipercaya dan dilakukan oleh sebagian orang.

1. Nyakuin batu kalo sakit perut

Kalau perut kamu sakit alias mules kebelet beraq, coba masukin batu ke saku celana kamu. Niscaya rasa kebelet itu perlahan akan hilang.

Percaya gak? Coba aja sendiri 😁

2. Mencet tombol lift berulang-ulang

Biasanya kejadian kaya gini terjadi kalau seseorang lagi nunggu lift. Padahal udah dipencet, tapi masih aja dipencet terus.

Memangnya semakin sering di pencet kecepatan lift itu bertambah, ya? Jangan-jangan itu tombol fast forward.

3. Jangan diem atau duduk dekat pintu

Katanya, kalau kamu duduk atau diam dekat pintu itu bisa bikin kamu susah ketemu sama jodohnya. Kalau kata orang Sunda mah, nongtot jodo.

Namun yang pasti, kalau kamu diem atau duduk dekat pintu itu artinya kamu menghalangi jalan!

4. Kalau makan harus abis


Kalau kita makan, tidak boleh ada satupun makanan yang tersisa di piring kamu meskipun itu remahannya. Pamali.

Tapi ada benarnya juga, sih.

Ingat, kamu itu itu orang yang jauh lebih beruntung karena masih bisa makan dibandingkan mereka yang belum makan hari ini.

Buat kamu mungkin satu piring makan itu kebanyakan hingga tidak bisa kamu habiskan, lalu kamu tinggalkan dan buang begitu saja. Tapi bagi mereka, satu piringmu itu bisa untuk memberi makan keluarganya.

Jadi, syukuri lah rezeki mu itu. Jika merasa lebih, bagikanlah dengan orang sekitarmu yang sedang membutuhkan.

5. Siulan merupakan cara untuk memanggil setan

Kata sebagian orang tua, terutama orang Sunda. Bersiul malam-malam, apalagi di tempat yang sepi itu nggak baik karena bisa mengundang setan untuk datang.

Percaya gak?
Coba deh kamu buktikan.
Nanti hasilnya kamu ceritakan di sini, ya.

6. Di culik wewe gombel

Kalau kata orang tua jaman baheula. Ketika menjelang magrib itu kamu harus sudah ada di dalam rumah. Pantangan kalau kamu masih ada diluar rumah, apalagi kalau anak-anak.

Katanya, kalau magrib masih ada anak-anak yang berada di luar rumah, anak itu bisa-bisa di culik oleh wewe gombel.

Tapi kalau anaknya udah segede kamu sekarang ini, emang wewe gombel mau nyulik kamu?

7. Nyapu harus bersih dan sampai selesai

Ini mitosnya buat cewek, nih. Katanya kalau kamu lagi beres-beres rumah dan lagi nyapu, itu tuh kudu banget harus sampai selesai.

Seumpama kamu tinggalkan sebentar nyapunya, kamu harus melanjutkannya lagi sampai bersih. Kalau nggak, kamu nantinya bakal dapat jodoh yang brewokan.

Tapi kalau kamu suka dan mau punya pasangan yang brewokan gimana, dong? Apa perlu setengah-setengah aja gitu beres-beresnya? 😂

8. Kalau foto bertiga, yang tengah mati

Ngeri kali mitos yang satu ini. Mitos ini pernah kita denger dari salah satu teman luar pulau. Tapi kita nggak tahu tepatnya dari daerah mana.

Kalau kamu tahu asal dari mitos ini, kasih tahu yang lainnya di kolom komentar, ya.

9. Kalau ke pantai, jangan pakai baju ijo

Mitos yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar, kan? Terutama bagi kamu yang pernah berkunjung ke pantai selatan.

Nggak tahu benar atau salahnya mitos ini, yang jelas kita kalau ke pantai memang nggak pernah sekalipun pakai baju berwaran hijau.

Alasannya, yaaa..
Karena kita ini memang gak pernah ke pantai 😢

10. Bulu mata jatuh. Pertanda ada orang yang kangen

Kamu pernah dengar mitos ini?
Pernah jatuh kah bulu mata kamu dan beneran ada orang yang lagi kangen?

Kalu kita sih nggak. Orang yang kita kangenin aja gak kangen sama kita, gimana mau jatuh bulu matanya.
Baca Juga

6 Comments

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

  1. bulu mata yang jatuh , terus ditepok-tepokin pake tangan. Setiap pindah, A, B, C ohhh si Cantikk kangen sama saya ternyata....haha. masa-masa kecil dulu seperti itu mas gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru banget nih, disini gak ada lanjutanya setelah bulu mata jatuh di apain

      Delete
  2. hahahaha lucu juga yang batu itu. coba aja mas kalo udah hampir crot mungkin berpungsi buat nyumbat mas. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah hampir crot mah bukan disakuin lagi batunya mang, tapi di jejelin ke nganuu hahaha

      Delete
  3. kalo yang baju hejo di saya saya ada konfirmasi lagi nih katnya mitosnya itu bukan baju hejo tapi biru. kenapa jadi hejo karena orang sunda bilang biru itu hejo bulao mas. hehehe di ambil hejonya saja.
    kalo hejo ngora hejo pucuk cau.
    nah itu dia mas makin bingun ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo ini baru tau nih mang. mungkin iya juga soalnya rata-rata orang tua di daerah sini agak buta warna kalo ngeliat warna ijo sama biru termasuk gradasinya

      Delete

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Previous Post Next Post