70% Orang Mengaku Menggunakan Smartphone Saat Mengemudi

Setiap hari jalan raya selalu ramai dengan kendaraan dan para pejalan kaki, apalagi di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak pengguna jalan, faktanya masih banyak pengendara yang kurang memiliki kesadaran akan kesalamatan dalam berkendara.

Menggunakan Smartphone Saat Mengemudi

Photo by Marlon Lara on Unsplash

Tidak semua orang menyadari bahwa berkendara sambil "memainkan" handphone itu menganggu dan sekaligus membahayakan pengendara lain yang ada di depan dan di belakangnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh salah satu operator ternama di Amerika Serikat, yaitu AT&T.

Dalam hasil studinya ditemukan bahwa, sebanyak 70% orang masih menggunakan smartphone mereka saat berkendara.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan AT&T tersebut pun melihat lebih dalam lagi terkait penggunaan smartphone ketika sedang berkendara.

Lalu, apa sebenernya yang dilakukan oleh para pengendara dengan smartphonenya ketika sedang mengemudi? Nah, berikut jawaban dari hasil studi yang dilakukan:
  • 61% pengemudi mobil menggunakan smartphone untuk mengetik SMS dan mengirim email.
  • 27% pengemudi membuka Facebook dan mengecek update terbaru di timelinenya.
  • 14% pengemudi membuka Twitter, Snapchat dan Instagram ketika berkendara.
Selain itu, 17% responden mengatakan bahwa mereka kerap kali mengambil foto selfie saat mengemudi. Sementara 10%-nya mengatakan pernah melakukan video chat dengan teman mereka saat mengemudi.

Oleh karena itu, di beberapa negara bagian Amerika telah diberlakukan undang-undang terkait penggunaan smartphone tersebut. Pada intinya, undang-undang tersebut melarang penggunaan smartphone saat berkendara.
Tambahkan Komentar