7 Fobia Paling Lucu, Unik dan Aneh

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.

Phobia
Photo by Melanie Wasser on Unsplash

Bagi sebagian orang termasuk gue diantaranya, perasaan takut seorang pengidap fobia terkadang emang sulit dimengerti bray.

Bahkan menurut gue pribadi, rasa takutnya berlebihan dan gak ada yang perlu ditakutin darinya. Seperti 7 fobia paling aneh berikut ini:

1. Agyrophobia

Orang dengan fobia seperti ini memiliki rasa takut terhadap jalan. Bahkan buat nyebrang jalan doang, mereka ini takut bray. Kebayang gak tuh, kalo orang dengan Agyrophobia tinggal dan menetap di kota-kota besar macem Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan?

Gue yakin pasti mereka bakalan banyak diem di rumah, ngerasa gak nyaman dengan lingkungan sekitar yang terlalu ramai dengan banyaknya kendaraan yang melintas di jalanan.

Kalo pun memberanikan diri jalan kaki, misalnya untuk sekedar beli kebutuhan ke toko-toko terdekat atau supermarket deket-deket rumahnya. Giliran kudu nyebrang jalan, bakalan ragu-ragu.

Pas di pinggir jalan, nih orang bakalan kaya gini :

Nyebrang?
Nggak.
Nyebrang?
Nggak.

Sampe-sampe gak sadar, kalau kegalauan buat nyebrang atau enggak itu udah mengantarkan dia ketengah jalan dan disadarkan dengan suara klakson truk tronton yang lewat, dan jebreeed.
Kemudian dia berkata, "emang aku gak cocok jalan di tengah jalan."

2. Mageirocophobia

Orang dengan fobia seperti ini akan merasa terintimidasi oleh mereka yang bisa memasak, karena mereka, mageirocophobians, memiliki rasa takut untuk memasak.

Ada-ada aja kan bray, menurut gue bukan semata-mata karena takut masak ini mah, tapi ngiri aja kalo-kalo ada orang yang bisa atau lebih bisa memasak dibandingkan dengan doi yang gak bisa atau gak pinter masak.  Menurut lu gimana?

3. Pediophobia

Orang dengan fobia seperti ini memiliki rasa takut terhadap boneka, bukan boneka horror dan menyeramkan saja, tetapi semua boneka ia takuti.

Kalo ini mungkin bisa sedikit gue terima bray. Ya kali aja ada riwayat atau kenangan yang kurang menyenangkan di waktu kecilnya bersama dengan boneka hingga menimbulkan trauma ber-episode sampe dia dewasa.

4. Deipnophobia

Berbicara saat makan memang tidak dibenarkan dan kurang ber-etiket. Namun justru hal tersebut menjadi sebuah ketakuan bagi mereka yang memiliki deipnophobia atau takut akan makan malam dan obrolan pada saat makan malam.

Ini nih yang gue heran, takut makan malam dan obrolan pada saat makan malam?
Lah, masak aja sendiri. Kalo gak bisa masak, ya delivery lah, atau beli keluar terus bungkus kemudian pulang kerumah dan makan sendiri, kelar urusan loe!

5. Eisoptrophobia

Fobia ini memiliki ketakutan terhadap cermin dalam artian yang lebih luas, umumnya mereka yang memiliki fobia semacam ini takut jika tiba-tiba terjadi kontak dengan dunia spiritual melalu cermin.

Mereka yang memiliki eisoptrophobia akan mengalami kecemasan yang tidak semestisnya meskipun mereka menyadari bahwa ketakutan mereka tidak rasional.

Menurut gue bray, ini mah karena mereka gak pede aja liat komuk sendiri depan kaca. Ibarat takut sama komuk sendiri.

Mungkin ceritanya akan seperti ini :

Udah mandi, make pakean yang paling baru dan keren abis, udah dandan dan nyisir segaya mungkin. Giliran berdiri depan kaca, ekspektasi doi waktu itu, penampilanya sebelas dua belas lah sama Justin Tinkerbelle, eh taunya malah kaya boneka anabelle — hahaha

6. Demonophobia

Rasanya, hampir setiap orang memiliki ketakutan tersendiri terhadap setan. Ada yang beneran takut, ada yang sudah terbiasa namun tetap saja sering dibuat kaget karenanya.

Namun bagi mereka yang memiliki fobia yang satu ini (demonophobia), ketakutan mereka sangatlah berlebih. Apalagi ketika berbicara atau bercertia tentang setan, menonton film atau acara-acara yang berbau mistis.

Bahkan ketika seseorang yang memiliki phobia ini sedang berjalan sendiri di tempat yang gelap, mereka akan mengalami perasaan cemas yang berlebih.

Ah kalo ini mah menurut gue wajar-wajar sih bray. Namanya juga setan, mana ada setan ganteng, sekalipun iya ada, tetep aja yang namanya setan mah kadang dirasa menakutkan bagi sebagian orang terkecuali gue bray — karena gue orang yang paling tampan dan gagah berani.

7. Pentheraphobia

Dari semua fobia yang dirangkum dalam postingan gue kali ini. Gue rasa fobia yang satu ini pernah atau mungkin masih di alami oleh sebagian dari kita, terlebih bagi elu yang mau menikah.

Pentheraphobia adalah rasa takut akan ibu mertua — ciaaat ciaat ciaaaatttt.
Selain itu, ketakutan ini juga seringkali dikait-kaitkan dengan Novercaphobia atau takut akan ibu tiri.
Baca Juga

13 Comments

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

  1. hahaha lucu lucu phobianya, dan saya termasuk salah satunya ;-(

    ReplyDelete
  2. untung aja ane gac kena fobia diatas wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Wihhh lucu2 gan phobianyaaa wkwk

    ReplyDelete
  4. Bisa juga yah ada yang seperti itu....

    ReplyDelete
  5. gan tente kena pobia gak

    ReplyDelete
  6. Ada-ada aja Fobia nya ,, hahaha ,, unik plus langka lagi

    ReplyDelete
  7. Gua kayanya kena salah satu fobia yang ada di list ini deh kayanya mas bray, soalnya ane takut banget kalo liat boneka... Terutama Anabelle... entah kenapa males liat Anabelle, sama adek kecilnya si Chukky... :v Udah ahh quit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuhh kamuu tampang sekuriti hati hello kitty

      Delete

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Previous Post Next Post