Kangen! 5 Keseruan Ramadhan yang Hilang Tahun Ini

Rasanya baru kemarin kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan sekarang bulan suci itu telah berlalu.

Mudah-mudahan ibadah puasa dan ibadah lainnya yang kita lakukan diterima oleh الله سبحانه وتعالى. Aamiin.

Selama bulan Ramadhan di tahun 2020 ini, ada banyak sekali perbedaan yang kita rasakan yang mungkin di Ramadhan tahun-tahun sebelumnya biasa dilakukan.

Kamu juga mungkin akan sangat kangen dengan momen-momen yang cuma bisa kamu temukan di bulan Ramadhan.

Nah, berikut sejumlah momen yang mungkin sudah nggak kita temukan di sejumlah kota di Indonesia selama bulan Ramadhan tahun ini.

1. Ngabuburit

Ngabuburit di Gedung Sate, Bandung
Ngabuburit di Gedung Sate, Bandung (Courtesy of Tempo.co).

Kegiatan ini jarang sekali kita temukan di bulan Ramadhan tahun 2020 ini, terutama di kota-kota besar karena adanya pandemi Corona yang mengharuskan kita semua untuk melakukan social distancing.

Meskipun mungkin kamu masih menemukan adanya kegiatan ini, tapi tidak seramai Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, kan?

Sedih akutuh 😢

Mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu ya, agar di Ramadhan tahun berikutnya dan seterusnya kita sudah bisa beribadah dan berkegiatan dengan normal kembali.

2. Kembang api

Di penghujung bulan Ramdhan, banyak sekali orang yang bersuka cita merayakan kemenangan, terutama ketika malam takbiran tiba. Tak jarang pula kita temukan ada banyak kembang api yang dinyalakan di malam tersebut.

Sayang, di tahun ini kita tidak bisa menyaksikan meriahnya kembang api 😢

3. Petasan dan bedil lodong

Bedil Lodong
Bedil lodong
Pasti kamu tau dong yang satu ini?

Biasanya ramai-ramai orang membuat bedil yang satu ini. Dibuat sebesar mungkin biar suaranya keras. Bahkan seringkali saling berbalas dengan yang lain.

4. Mesjid mendadak penuh

Sepertinya kalau ini gak di semua daerah sama, ya?

Kalau di sini mah gitu. Mesjid itu ramainya pas bulan Ramadhan saja, itu pun di beberapa hari pertama puasa. Giliran udah di pertengahan, mulai ngilang satu persatu.

Kalau di daerah kamu gimana?
Ramai terus kan pastinya?

5. Tempat makan tutup, tapi..

Selama bulan Ramadhan, semua tempat makan pasti tutup. Tapi, pintunya kebuka dikit atau jendelannya saja yang ditutup tapi tempat makannya masih buka.

Hayo, siapa yang suka ke sana selama bulan Ramadhan hanya karena tak kuasa menahan rasa lapar dan dahaga?

Nakal ya, kamu.

Ngomong-ngomong, kalau kamu sendiri, hal apa yang paling ngangenin dan nggak bisa kamu temuin di bulan Ramadhan tahun ini?

Kasih tahu di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk selalu berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali menjalankan aktivitias seperti biasanya. Semoga di bulan Ramadhan tahun berikutnya kita bisa beribadah seperti biasanya, ya. Aamiin.
Baca Juga

9 Comments

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

  1. udah lama nggak main ke sini, tampilan udah ganti lagi. hehe...
    okay, menanggapi tulisan ente, ane akan sedikit berkomentar. (lebih tepatnya curhat).
    sebelumnya mari kita ucapkan alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan ramadhan tahun ini yang abis ini akan berakhir. #sedih
    tapi ramadhan ane tahun ini nggak seasik tahun kemarin.
    masalah buber nih bray. mungkin ini bisa manjadi tambahan di tulisan ente.
    Tawaran buber tahun ini nggak serame tahun kemaren. buber tahun ini cuma bareng temen2 kuliah dan temen2 kos doang. temen2 SD, SMP, SMA pada ngilang semua. mungkin pada sibuk skripsi, KKN, cari jodoh atau yang lainnya. tapi tak apalah, disyukuri saja.
    segini dulu lah curhatan ane, maaf kalau kepanjangan. hehe

    ReplyDelete
  2. hihi, yang warung buka tutup itu nyemen ya bray :D
    gue kangen suasana ngabuburit dan mesjid penuh..

    ReplyDelete
  3. mesjid penuhnya cuma di awal awal aj bro, di pertengahan sama seperti hari hari biasa diisi sama orang orang tua anak mudanya pacaran aj kerjaanya #Fakta

    ReplyDelete
  4. biasa bray, kan musim lebaran. serba baru dong haha
    aduh gue lupa bray, bukber juga seru itu pada masanya. ya masa-masa sekolah ama kuliah serunya. kalo udah pada kerja mah bray, rata-rata pada byk alesan buat ga ikutan bukber. apalagi yg baru aja lulus dan belum pada dapet kerjaan. rata2 males dan banyaknya malu krn belum bisa nunjukin sesuatu yg bisa dibanggakan. krn nantinya, yg namanya bukber sekaligus reuni itu jadi ajang naikin gengsi bray. itu sih yg ane rasain skg ini haha

    ReplyDelete
  5. haha bau-baunya pernah ke warung nih, hapal banget dah
    ah disini mah bray, banyak remaja labil, orang lain ngabuburit nunggu buka. mereka ngabuburit malah berbuka di jalan. urat malunya udah putus, etika sama moralnya pada di gadein buat modif motor.

    ReplyDelete
  6. kiamat sudah dekaaaaaaaat bray

    ReplyDelete
  7. ngena pisan tuh bray masjid kosong wkwkwk

    ReplyDelete
  8. agak lucu juga ya ceritanya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan spam! Nyari backlink udah gak ampuh pake komen-komen di blog. Percaya deh!

Post a Comment

Previous Post Next Post