11 Tips Sederhana Buat Upgrade Kecerdasan Kamu

Intelligence Quotient atau biasa disingkat IQ merupakan istilah umum yang biasa digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan individu. Kemampuan yang dimaksud adalah seperti:
  • kemampuan menalar, 
  • merencanakan, 
  • memecahkan masalah, 
  • berpikir abstrak, 
  • memahami gagasan, 
  • menggunakan bahasa, dan 
  • belajar.
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa, kecerdasan pada umumnya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental individu dalam berpikir.

Disamping itu, kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan juga dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa kita kenal dengan sebutan tes IQ.

Tentang IQ

Meningkatkan IQ
Photo by Ryoji Iwata on Unsplash

Meskipun demikian, IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang atau individu dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan.

Uniknya, berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Wellcome Trust Centre for Neuroimaging dari Inggris menunjukan bahwa,

"tingkat kecerdasan seseorang atau individu secara signifikan berfluktuasi, bisa naik dan bisa juga turun selama masa remaja."

Pernyataan tersebut dibuktikan dengan melakukan sejumlah tes IQ yang melibatkan 33 anak dengan rentan usia antara 12 hingga 16 tahun.

Setelah empat tahun berlalu, mereka kembali menjalani tes yang sama dan hasil tes tersebut menunjukan bahwa,

"1 dari 5 anak mengalami fluktuasi dari satu kategori IQ, seperti kepintaran rata-rata. Adapun beberapa anak yang menunjukan peningkatan IQ sebesar 21 poin, bahkan ada juga yang malah turun 18 poin."

Dikutip dari cbsnews, salah satu peneliti dari tim tersebut yaitu Porfesor Cathy Price menyatakan bahwa,

"Perubahan sebesar 20 poin merupakan perbedaan besar. Jika level IQ seseorang yang awalnya 110 menjadi 130, maka ia berubah dari kategori rata-rata menjadi superior. Lalu jika poin awal 104 menjadi 84, maka berubah dari kategori normal menjadi rendah."

Pemicu Naik Turunnya IQ

Menurut para ahli, dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui hal tersebut. Tetapi hal ini bisa jadi indikasi bahwa, hasil tes IQ pada beberapa orang bisa jadi naik atau turun karena dipicu oleh cepat atau lambatnya pertumbuhan seseorang.

Meskipun begitu, terdapat sejumlah hal kecil yang mungkin tidak banyak orang sadari ternyata apabila diperhatikan maka bisa membantu meningkatkan kecerdasan seseorang.

Tips Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Tips meningkatkan IQ
Photo by Eliabe Costa on Unsplash

1. Minum dua gelas air putih setelah bangun tidur

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan air selama kurang lebih 6-9 jam. Padahal, air sangat diperlukan oleh tubuh guna menyaring sejumlah kotoran. Selain itu, meminum air juga sangat berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Oleh karena itu, meminum dua gelas air putih sesaat setelah bangun tidur sangat lah penting karena dapat membantu mengimbangi kekurangan cairan dalam tubuh saat kamu sedang tidur.

2. Selain olahraga pagi, sempatkan untuk membaca

Pagi hari merupakan waktu yang baik digunakan untuk menyerap informasi seperti, buku catatan sekolah atau kuliah yang digunakan untuk menangkap materi dari pelajaran yang diberikan. Selain itu, kamu juga bisa membaca koran, majalah sains, dsb.

3. Mendengarkan podcasct selama perjalanan

Kemanapun kamu berpergian, baik itu perjalanan jauh yang membutuhkan banyak waktu atau bahkan hanya berjalan kaki selama beberapa menit. Ada baiknya kamu menyimpan podcast di dalam smartphone, kemudian dengarkan itu selama perjalanan guna menstimulasi otak kamu.

Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Podcast biasanya menawarkan tiap episode dalam format file yang sama, seperti audio atau video, sehingga pelanggan selalu bisa menikmati program tersebut dengan cara yang sama.

Sebagian podcast, seperti kursus bahasa meliputi beberapa format file, seperti video dan dokumen agar pengajaran berjalan lebih efektif.

dikutip dari Fan FAQ Podcast Apple, Itunes.

Tentunya mendengarkan podcast ini tidak disarankan bagi kamu yang berpergian sendiri agar konsentrasi selama kamu berkendara tidak terganggu.

4. Minum teh hijau

Jika kandungan kafein pada kopi membuat banyak orang cemas, teh hijau (terutama teh matcha atau teh bubuk) justru mengandung L-theanine. Ia adalah asam amino yang mampu memberikan relaksasi tanpa rasa kantuk atau efek-efek negatif lainya.

Matcha (teh bubuk) adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung.
wikipedia.org

Sedangkan L-Theanine adalah asam amino yang ditemukan secara alami yang terkandung di dalam teh hijau. Dimana kandungan L-Theanine tersebut dapat memberikan relaksasi tanpa rasa kantuk atau efek-efek negatif lainnya yang biasanya didapatkan dari penenang-penenang lainnya.

L-Theanine juga mendukung kesehatan fungsi jantung melalui efek relaksasi ini dan sifat anti-oksidan nya. 50% dari asam amino di teh hijau adalah L-Theanine. Berat asam amino ini berkisar 1-2% dari daun teh hijau kering.

L-theanine dianggap sebagai komponen utama yang memberikan rasa pada teh hijau, dan di Jepang, teh ini disebut dengan nama umami. L-theanine dipasarkan di Jepang sebagai suplemen nutrisi untuk memberikan efek positif pada suasana hati.
dikutip dari aliveherb.com

5. Tidur siang

Uniknya, otak memiliki irama yang menentukan kondisi kamu ketika mengantuk dan juga kapan kamu membutuhkan waktu untuk tidur. Karenanya, tidur siang setelah melalui berbagai macam aktifitas yang padat diketahui turut membantu menyegarkan pikiran kamu dan juga mampu meningkatkan kecepatan kamu dalam belajar.

6. Mengurangi penggunaan social media

Otak merupakan organ bagian dalam tubuh yang sangat unik. Ia akan menyesuaikan diri dengan informasi yang kamu berikan. Sayangnya, rata-rata social media bisa mengkacaukan fokus seseorang.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri kebanyakan hal yang dibagikan ke social media biasanya bersifat personal mengenai aktifitas seseorang yang sama sekali tidak ada kaitanya dengan kamu. Bahkan tak jarang ditemukan orang yang menggunakan social media hanya untuk ajang pamer dan adu gengsi yang jelas-jelas tidak ada untungnya sama sekali buat kamu.

7. Lebih baik bermain games daripada menonton TV

Kegiatan menonton televisi merupakan kegiatan yang pasif. Meskipun selama menonton televisi otak kamu mendapatkan sejumlah informasi, tetapi ia tidak memproses atau berinteraksi langsung denganya.

Nah, bagi kamu yang lebih memilih bermain games ketimbang menonton serial televisi atau sinetron, berarti pilihan kamu cukup beralasan.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh Molecular Psychiatry lalu menunjukan bahwa, "bahkan game sederhana seperti Super Mario memiliki dampak yang terlihat pada plastisitas otak (fleksibilitas)."

8. Membaca Buku, Bukan Menonton TV

Sama halnya dengan bermain game dan bukan menonton serial televisi. Membaca buku adalah latihan aktif untuk otak kamu dimana menonton hiburan adalah konsumsi pasif akan informasi.

Sedangkan membaca buku justru memerlukan otak kamu untuk secara aktif membangun citra mental dari apa yang sedang kamu baca.

9. Melakukan atau mengerjakan pemrograman

Meskipun bagi sebagian orang coding dirasa sulit untuk dipelajari, pemrograman adalah salah satu cara yang baik untuk belajar berpikir secara logis dan juga berpola.

Kini, dengan memanfaatkan website gratis dan bebas seperti Blogger, Wordpress ataupun platform berbayar lainya seperti Udemy akan menjadi sarana yang mudah dan menyenangkan bagi kamu yang ingin belajar. Setidaknya hal yang mendasar seperti HTML.

10. Lakukan olahraga sederhana

Dalam hal ini, kondisi tubuh dan pikiran tentu sangat erat kaitanya. Guna mendapatkan fungsi otak yang baik, tentu dibutuhkan kebugaran fisik. Namun, kamu tidak harus pergi ke gym setiap hari untuk mendapatkan keuntungan dari olahraga.

Kamu cukup melakukan beberapa gerakan push-up, berjalan atau melompat-lompat. Bahkan naik turun beberapa anak tangga juga memiliki dampak yang cukup besar untuk kebugaran tubuhmu.

11. Merencanakan kegiatan untuk hari esok

Banyak orang sibuk sepanjang hari, tetapi tidak benar-benar produktif. Oleh karena itu, dengan melakukan perencanaan kegiatan untuk hari esok dengan mengurutkan list kegiatan sepanjang harinya memungkinkan seseorang untuk bekerja dan beraktifitas dengan lebih produktif.

Itulah sejumlah tips bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan dalam berpikir. Share artikel ini jika kamu merasa ini bermanfaat untuk teman-teman kamu ya.
Tambahkan Komentar